HASILPREDIKSI | Belgia sering tidak mendapat tempat di ingatan publik sepak bola. Padahal pada tahun 1986, tim nasional Belgia berhasil meraih posisi keempat di ajang tersebut. Wajar saja jika era Enzo Scifo tersebut dijuluki sebagai era gold generation Belgia.

Generasi emas Belgia di tahun 1986 berhasil menjungkirbalikkan logika, prediksi, dan berbagai macam analisis yang sudah dibuat sebelumnya. Apalagi tim nasional Belgia saat itu berhasil menaklukkan raksasa sepak bola dunia, seperti Spanyol dan Belanda.

Jika ditarik ke masa ini, dalam jangka lima tahun terakhir Belgia berhasil menghasilkan pemain-pemain yang memiliki potensi besar di dunia sepak bola. Kini mereka berlaga di beragam liga dan tim elite Eropa. Inilah yang membuat publik Belgia yakin bahwa Piala Dunia 2018 menjadi saksi lahirnya gold generation Belgia yang baru.

Tapi bila berkaca pada ajang Piala Dunia sebelumnya, tepatnya di tahun 2014, gold generation Belgia belum mampu menunjukkan taringnya layaknya era Scifo. Meskipun sudah bermain dengan sangat apik, tapi keberuntungan seakan belum memihak mereka.

Pada babak kualifikasi hingga babak gugur fase grup Piala Dunia 2014, tim nasional Belgia terlihat sangat powerfull. Mereka meraih empat kemenangan berturut-turut. Untuk ajang PIala Dunia, hal tersebut terbilang sangat luar biasa. Sayangnya, timnas Belgia harus takluk di hadapan tim nasional Argentina pada babak perempat final.

Kini Piala Dunia 2018 menjadi ajang untuk pembuktian terakhir gold generation Belgia. Karena susunan pemain yang akan merumput di lapangan hijau negeri Beruang Merah tidak terlalu berubah secara signifikan, sehingga mereka sudah saling mengerti satu sama lain.

Gold Generation Belgia Siap Berlaga di Piala Dunia 2018
Gold Generation Belgia

Selain itu, keberuntungan drawing yang memposisikan timnas Belgia berada di grup G bersama dengan Inggris, Tunisia dan Panama harus dioprimalkan sebaik mungkin. Di grup tersebut yang layak menjadi pesaing terkuat Belgia adalah Inggris.

Meskipun jarang dibicarakan oleh publik sepak bola, tapi FIFA selalu mencatat prestasi dan keberhasilan tim nasional Belgia. Menurut sumber dari FIFA, dalam beberapa tahun terakhir ini mereka selalu berhasil menduduki peringkat atas FIFA. Selain itu pada tahun 2015, negara ini juga sempat menduduki posisi teratas FIFA.

Tentunya peringkat dan statistik yang dikeluarkan oleh FIFA tidak sembarangan. Hasil yang diumumkan ke masyarakat pastinya berdasar rekam jejak dan variabel-variabel yang dapat dipertanggungjawabkan. Jadi bukan kabar dari penipu ataupun kabar tipu-tipu yang tidak dapat dipercaya.

Bahkan posisi yang diraih Belgia sudah jauh melampaui negara-negara besar di dunia sepak bola seperti Italia, Inggris, Spanyol, dan Argentina. Eden Hazard dan rekan-rekannya bermain dengan sangat progresif dan solid di bawah asuhan Roberto Martinez.

Gaya permainan yang terus menekan, ditopang oleh skill para pemain yang sudah tidak perlu diragukan, menjadi modal dan bekal timnas Belgia untuk melangkah sejauh mungkin di ajang Piala Dunia 2018.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here