HASILPREDIKSI | Terakhir kali timnas Brasil mengangkat trofi Piala Dunia terjadi pada tahun 2002. Yokohama, Jepang menjadi saksi dari peristiwa sejarah tersebut. Saat itu Marcos Cafu dan rekan-rekannya berhasil memboyong trofi Piala Dunia 2002 ke negaranya.

Saat itu, tim nasional Brasil berisi pemain-pemain yang terkenal. Seperti Ronaldinho, Roberto Carlos, Ronaldo Luiz, Rivaldo, Denilson, dan Marcos Cafu. Bahkan pemain muda nan berbakat Ricardo Kaka pun ikut membela tim Samba. Mereka bekerja sama secara kompak dan apik. Sehingga Jerman pun harus bertekuk lutut di babak final dengan skor 2-0.

Selain memenangkan trofi Piala Dunia, kemenangan Brasil atas Jerman di tahun 2002 semakin mengukuhkan posisi Brasil yang sudah meraih lima gelar juara Piala Dunia. Tentunya, selepas tahun 2002, tim Selecao ingin meraih gelar yang keenam. Sayangnya harapan tersebut tak kunjung tiba.

Dalam tiga ajang Piala Dunia berikutnya di tahun 2006, 2010, dan 2014, Brasil gagal meraih gelar keenam. Bahkan saat Brasil menjadi tuan rumah, mereka harus bertekuk lutut di hadapan tim nasional Jerman dengan skor 1-7. Tentu sebuah hasil yang memalukan untuk tim sekelas Brasil.

Sebagai bentuk penebusan dosa atas laga memalukan yang terjadi di tahun 2014, kini timnas Brasil menargetkan gelar keenam untuk tim Samba. Target ini bukan sekadar isapan jempol belaka, karena pelatih tim nasional Brasil, Tite sudah memilih 23 pemain yang menurutnya mampu membawa nama harum Brasil.

Tidak seperti rivalnya tim nasional Jerman, tim nasional Brasil tidak terlalu ribet dalam memilih pemain. Selain itu juga tidak ada keberatan yang disampaikan. Karena hampir seluruh pemain yang dibawa Tite ke negeri Beruang Merah adalah para pemain yang ikut di babak kualifikasi.

Menurut rekam jejak dan statistik, tim asuhan Tite ini memiliki performa yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari 19 laga yang sudah dilakoni Brasil sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Gawang tim Samba hanya kebobolan lima gol saja.

Meskipun sudah kebobolan lima gol, tapi tetap saja tim Brasil mampu meraih kemenangan yang sangat dominan. Nyatanya dari 19 laga, tim Brasil hanya pernah kalah satu kali. Dari persentase kekalahan, sudah sangat jelas menandakan bahwa tim nasional Brasil memiliki lini pertahanan yang kuat.

Selain lini pertahanannya sangat rapat. Tim Selecao juga memiliki lini depan yang sangat progresif dan ambisius. Sehingga daya dobrak mereka sangat tinggi. Sayangnya rekam jejak yang terbilang istimewa ini kurang dibekali oleh mental bertanding layaknya seorang juara.

Hal ini terbukti di ajang Copa America, baik tahun 2015 maupun 2016. Secara teknis dan kemampuan sepak bola, tim ini sangat tidak mengecewakan. Sayangnya karena mentalnya hancur di ajang Piala Dunia 2014, maka untuk membangkitkan mental juara agak kesulitan.

Timnas Brasil Buru Trofi Piala Dunia 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here